Custom Search

Thursday, December 4, 2008

Perbedaan adalah Keindahan Bro !

Baca Juga


Mungkin diantara kita, sudah banyak yang mengerti apa arti kata dari "perbedaan". Bahkan hewanpun mungkin mengerti arti perbedaan. Banyak orang yang tidak menyukai adanya perbedaan, bahkan saya pernah merasa demikian...Saya sempat berpikiran.. kenapa saya berbeda dengannya, kenapa nasib saya sangat berbeda dengan nasibnya. Dan akhirnya karena saya terus mengeluh dan mengeluh akan perbedaan itu. Timbullah rasa iri, dengki, dendam dan semua rasa-rasa yang berbau negatip dan ingin membuat persamaan. Karena rasa-rasa yang ingin menjatuhkan oranglain itu belum jua tersampaikan, akhirnya saya memutuskan untuk berpikir lagi.. haruskah saya menjatuhkannya dengan hal-hal buruk agar perbedaan itu tak lagi ada, ataukah saya harus berusah dengan kemampuan saya sendiri agar perbedaan itu tidak hilang , dan saya bisa lebih hebat darinya tanpa meninggalkan perasaan iri, dengki, dendam, dan sakit hati. Dan saya memilih.. karena hidup ini adalah sebuah pilihan, kita yang memilih jalan hidup kita seperti apa nantinya. Dan pilihan saya dalam hal ini adalah saya sebagai orang yang menghargai adanya perbedaan, dan perbedaan itu saya jadikan sebagai batu loncatan agar bisa lebih baik dari sebelumnya.

Hidup kita susah ?? Hidup anda ?? Hidup saya juga susah.. mungkin disini kita sama.. sama2 susah maksudnya. Tapi di tempat lain nan jauh disana.. ada beberapa orang yang hidupnya sangat bahagia.. sangat kaya.. dan sangat-sangat lainnya yang membuat kita berbeda..
dan kita disini sangat susah.. dan perbedaan itu sudah bisa terlihat.. Dan ada orang yang sampai-sampai rela melakukan hal yang bodoh demi menghilangkan perbedaan tadi. Sungguh saya tidak memahami jalan pikirannya.. kenapa di sampai2 rela melakukan hal bodoh utk menghilangkan perbedaan ? Coba anda bayangkan.. jika di bumi kita ini tidak ada perbedaan.. contoh.. Di Sumatera tumbuh2an yang tumbuh disini adalah Bunga Mawar.. di Jawa juga Bunga Mawar.. dan di pulau2 lainnya juga Mawar.. wah2 hidup ini pasti sangat monoton.. karena itu2 saja yang kita lihat. Dan yang paling lucu.. jika wajah kita semua sama.. bisa2 kita tidak bisa mencintai.. dan cintai oranglain karena persamaan ini. Wah.. ampun deh.. mencintai orang yang memiliki kesamaan dengan diri sendiri.. Untunglah saya bisa berbeda dengan orang lain.. jadi saya bisa jadi diri sendiri.. dengan menganggap perbedaan tadi sebagai batu loncatan agar menjadi lebih baik. Dan bunga2 yang tumbuh berbeda.. matapun lebih semangat memandang. Begitu juga halnya wajah2 yang berbeda membuat rasa kita berbeda juga dan kita bisa memilih mana yang kita sukai..
Dan yang paling indah adalah.. adanya perbedaan Agama.. perbedaan Agama itu membuat kita lebih akur dan bisa belajar banyak untuk bisa menghargai, menghormati pemikiran orang lain dan jika masih ada segelintir orang yang mengatas namakan Perbedaan utk berbuat Anarkis dan merugikan orang lain.. sungguh dia adalah orang yang butuh dukungan.
Dukungan untuk berbuat lebih baik dan menjadi orang yang lebih baik, yang bisa menerima adanya perbedaan dengan setulus hatinya.

Jangan kita membenci dia, jangan kita mencacinya
tetapi dukunglah dia agar bisa menjadi dirinya sendiri yang menghargai pendapat oranglain dan menerima perbedaan sebagai batu loncatan demi menghasilkan ide2 cemerlang yang menguntungkan dirinya dan orang lain.

Intinya PERBEDAAN ADALAH KEINDAHAN HIDUP. HIDUP dalam Perbedaan Why Not ?? Karena perbedaan itu Menyenangkan.. karena perbedaan itu Seperti PELANGI.. berbeda warna dan bila menyatu atau digabungkan akan terlihat menjadi indah.. dan sangat indah membuatnya enak dipandang mata.