Saturday, September 20, 2008

Jaga Kesehatanmu Hingga Akhir Bulan Ini

Gak terasa 10 hari lagi Bulan September akan berakhir, ketepatan bulan Ini adalah Bulan Suci bagi umat Muslim Di seluruh Dunia. Umat muslim berpuasa selama bulan ini. Disini aku akan berbagi tips untuk tetap sehat. Langsung aja nih..
Kita bicara.. Usus,salah satu organ pencernaan yang terkena imbas selama bulan puasa. Pasalnya,kalau usus ini tak punya pekerjaan alias tak ada bahan makanan yang bisa diolah, maka ia akan meminta "pekerjaan". Tandanya, perut terasa keroncongan, terutama kalau sudah dalam keadaan kosong selama 4 jam.
Setelah beristirahat selama 14 jam selama berpuasa, tentu saja pemeberian tugas baru pada saluran pencernaan harus dilakukan dengan hati-hati. Saat Adzan Maghrib [buka puasa] tiba, sebaiknya dimulai dengan minum atau makan makanan yang mudah dicerna terlebih dahulu. Contohnya, makanan berbentuk hidrat arang, sperti kolak atau bubur.
Setelah shalat Maghrib di saat saluran pencernaan sudah beristirahat sejenak barulah makan lengkap berupa nasi,lauk-pauk,sayur dan buah. Tapi Secukupnya saja.
Jangan Lupa, jumlah asupan kalori secara total saat puasa - sepanjang siang - akan dibawah jumlah asupan kalori dihari biasa. Jadi, jika makan berlebihan pada malam hari selama puasa, hal ini justru keliru.