Custom Search

Friday, April 17, 2009

Kunci Sukses Lulus Ujian Nasional

Baca Juga


Haii... semua Anak Indonesia, untuk yang paling special Adik2 Kelas 6 SD, 3 SMP dan 3 SMA ! Hari Ujian Sudah Semakin dekat, dan Ilmu yang kalian terima selama ini saatnya untuk dipertanggung jawabkan. Apakah adik2 bisa lulus dan naik kelas ??? Aku yakin kalian bisa karena kalian adalah Anak Indonesia calon Penerus Bangsa. Jangan Pernah Letih untuk berlatih, belajar dan berdoa. Demi Masa depan Kamu dan Masa depan Bangsa Kita.

Disini aku ingin memberikan sebuah bacaan yang mana mungkin berguna buat adik2 atau buat siapa saja dan dimana saja !

Dibaca sampai abiss... biar cepat dimengerti dan langsung ditanamkan pada diri kamu2 semua.. OK... Let's Do It...

__ Membangun Sikap Sukses dalam ujian __



* Membangun Sikap Awal

1) Bersikap tenang dan senang menghadapi naskah ujian, jangan gugup dan takut.
2) Merasa yakin bahwa bekal dimiliki telah cukup menjawab soal-soal ujian.
3) Tumbuhkan kepercayaan diri bahwa Anda bisa mengerjakan semua soal dengan baik.
4) Berdoa memohon kekuatan dan bimbingan dari Tuhan untuk kelancaran dan kemudahan dalam mengerjakan soal.
5) Menulis identitas diri secara teliti sesuai dengan petunjuk.
6) Membaca semua perintah yang tertuang dalam naskah soal dengan cermat.
7) Mengecek dan memastikan bahwa lembar naskah soal telah lengkap.
8) Jangan tergesa-gesa, yakinlah bahwa waktu yang tersedia untuk mengerjakan cukup.
9) Hindari sikap bergantung pada orang lain.

* Membangun Sikap Cermat Ketika Mengerjakan Soal Ujian

1) Mengenali wujud butir soal. Wujud butir soal UN ada dua macam, yakni butir soal yang terdiri atas (a) stem (teks/kasus), soal, pilihan jawaban (MODEL 1), (b) soal dan pilihan jawaban (MODEL 2)
2) Mengerjakan butir soal MODEL 1 dengan cara membaca pertanyaan/perintah soal, membaca cepat dan temukan jawaban pada stem soal, memilih dan menentukan jawaban sesuai dengan temuan.
3) Mengerjakan butir soal MODEL 2 dengan cara membaca pertanyaan/perintah soal, mencermati setiap pilihan jawaban, memilih dan menentukan jawaban yang sesuai dengan permintaan soal.
4) Jika mengalami keraguan dalam menentukan pilihan jawaban, berilah tanda pada butir yang meragukan dan beralihlah ke soal selanjutnya.
5) Jika sudah selesai sampai butir terakhir, kembalilah ke butir soal yang meragukan yang belum ditentukan jawabannya.
6) Jika waktu masih tersedia, periksalah sekali lagi semua jawaban yang sudah dipilihnya.

* Memanfaatkan Kekuatan Diri dalam Mencapai Sukses
Dalam diri manusia terdapat kekuatan yang sangat dahsyat yang dapat dimanfaatkan untuk mencapai kesuksesan diri. Kekuatan diri yang dimaksudkan sebagai berikut.

a. Kekuatan Pikiran
Pikiran manusia memiliki kekuatan yang sangat dahsyat. Semua produk di dunia ini dijadikan, digerakkan, dan dimulai dari alam pikiran manusia. Kekuatan pikiran dan jiwa akan membantu mencari sasaran sesuai dengan takaran pikiran manusia itu sendiri. Manusia dapat mencapai sukses bukan karena raut mukanya, tapi karena mental dan pikirannya. Karena itu, hindari karakteristik pemikir negatif, tidak percaya diri, selalu bimbang dan ragu, “lunak” pada diri sendiri, takut tantangan, dan pasrah pada keadaan. Jangan sampai kita merasa miskin mental, karena miskin mental sangat bertolak belakang dengan sukses. Karakteristik citra diri yang seharusnya kita miliki adalah karakteristik citra diri positif, yakni selalu memiliki tujuan besar, penuh keyakinan, percaya diri, optimis aktif, tegar, senang tantangan, dan open minded, Karena SUKSES membutuhkan komitmen, pengorbanan,perjuangan, keuletan, dan kegigihan. Jangan mengharap semua lancar, tapi berusahalah agar semua lancar, karena kesuksesan adalah milik siapa saja yang benar-benar menyadari, menginginkan, memperjuangkan dengan sepenuh hati, dan berusaha untuk tidak mengeluh terhadap apapun yang terjadi.

b. Kekuatan Menentukan Pilihan
Salah satu rahasia kesuksesan adalah kemampuan menentukan pilihan. Hidup sesungguhnya adalah serangkaian pilihan yang dapat kita ambil setiap hari, setiap saat karena kita mempunyai hak dan tanggung jawab atas pilihan kita. Satu-satunya hal yang tidak dapat kita hindari adalah membuat pilihan. Jadi kita harus berani memilih dan memastikan target kita.

c. Kekuatan Memenuhi Keinginan
Kekuatan memenuhi keinginan merupakan kekuatan hasrat yang penuh keyakinan dan keberanian dalam memperjuangkan apa yang menjadi keinginannya.

d. Kekuatan Melakukan Tindakan
Kekuatan aksi atau kekuatan melakukan tindakan merupakan kekuatan untuk melangkah dalam mencapai suatu target yang diinginkkan. Jika target sudah ditentukan, dan keyakinan untuk memperjuangkan sudah bergemuruh, maka mulailah melangkah. Jika target sudah ditentukan, tetapi kita tidak bertindak nyata karena takut gagal dan takut menanggung resiko, maka jangan bilang nasib anda jelek dan nasib orang lain lebih baik. Beranikan diri untuk mulai melangkah, jangan takut jatuh!

e. Kekuatan untuk Berjuang
Kekuatan untuk berjuang yang dimaksud di sini adalah kegigihan. Kesuksesan hari ini tidak berarti besok kita akan meraih sukses lagi. Tanpa kesiapan diri dan berjuang lebih keras, sukses akan sulit kita pertahankan. Begitu pula kegagalan hari ini, belum tentu besok kita juga gagal. Selama masih ada semangat untuk berbenah diri dan target besar untuk diraih, sukses besar selalu menanti kita. Kehidupan akan terus berubah. Hanya manusia yang mempunyai kegigihan dan sikap mental untuk belajar dan memperbaiki diri secara konsisten yang bisa tetap eksis dan sukses dalam menghadapi setiap perubahan yang terjadi. Kegagalan bukanlah sesuatu yang harus kita takuti. Kegagalan adalah sarana intropeksi diri untuk berusaha lebih keras karena kegagalan adalah bagian kecil dari sebuah kegagalan. Sukses sejati adalah akumulasi dari kegagalan-kegagalan yang mampu diatasi.Yang terpenting bukan seberapa sering kita terjatuh dan gagal, tapi seberapa gigih kita berjuang untuk mampu bangkit kembali. Jangan takut menderita, karena hanya penderitaan hidup yang dapat mengajarkan kepada manusia akan arti keindahan dan nilai kehidupan.

f. Kekuatan Kepribadian
Kekuatan kepribadian juga berpengaruh besar terhadap kesuksesan. Orang yang disukai orang-orang di sekelilingnya karena memiliki kepribadian yang menarik adalah calon orang sukses. Jadilah orang yang gampang bergaul, beradaptasi, dan selalu memanusiakan manusia lain. Kita harus kaya mental. Kaya mental yang dimaksud adalah suka tantangan, berkompetisi, penuh tanggung jawab, disiplin dan menghargai waktu, cinta pada pekerjaan, penuh loyalitas dan dedikasi, mau bekerja keras, mudah bekerjasama, antusias, ulet, dan pantang menyerah. Selain itu, milikilah kepribadian yang berjiwa spiritual. Percayalah pada kekuatan spiritual, kekuatan doa. Kesuksesan yang kita usahakan, pada akhirnya ditentukan oleh Allah. Doa kesuksesan yang kita panjatkan juga tidak akan terkabul begitu saja tanpa usaha nyata. Jadi, kekuatan spiritual berkaitan dengan sukses. Dunia dan akhirat akan memberi tempat bagi orang yang kaya mental dan punya kekuatan spiritual.

g. Kekutan Komitmen
Kekuatan komitmen berarti kekuatan untuk berani memperjuangkan targetbesar yang dibuat sampai sukses. Komitmen untuk melangkah, menjalankan target yang ingin dicapai.

TERIMA KASIH TELAH MEMBACA, SEMOGA ADIK2 LULUS DENGAN NILAI BAGUS dan MEMUASKAN.