Tuesday, December 9, 2008

Indahnya Berbagi Dengan Segala Kekurangan yang Kita Miliki


Sejenak aku merenungkan nasib teman2kuw yang menyepi dan sendiri.. hidup jauh dari orangtua.. tanpa saudara dan tanpa kekasih.. hanya ada sahabat.. itupun Sahabat yang bisanya sebagai benalu.. disaat Dia sedang bahagia.. teman2nya menghampirinya.. dikala dia sedang sedih.. dan gundah.. teman2nya menjauh darinya.

Hidup ini bagaikan.. tulisan.. kadang dibaca dan kadang tak dihiraukan sama-sekali. Ada tulisan yang rapi.. dan tertata indah.. kadang diperhatikan, kadang tak dihiraukan sama-sekali. Ada juga tulisan yang sampe2 kita tidak bisa membacanya, malah orang2 yang membutuhkannya menggebu-gebu untuk mendapatkan apa arti tulisan itu. Dan terkadang memang tak ada yg membaca karena memang tak bisa dibaca toh...

Artinya.. saat kita berpakaian rapi, bersih bukan jaminan kita akan dihormati oranglain..dan dihargai oranglain. Dan kenyataan sekarang ini.. banyak oknum2 yang berpenampilan rapi.. berdasi dan ber-ber lainnya.. malah membuat hidup rakyatnya merana dan kita sengsara.. sebut saja Koruptor.. Dan ada juga orang2 yang berpenampilan sangat2 buruk dan berpakaian yang kurang layak tapi masih punya waktu untuk menolong orang lain .. Dan terkadang ada juga.. orang yang berpakain tak layak.. malah menyerah.. dan menjadi pengemis.. dengan alasan demi sesuap nasi..

Sangat memprihatinkan yah.. Hidup ini dah susah.. ya.. jangan dibikin makin susah.. Jalani aja dengan sepenuh hati.. Walaupun dengan berjalan kaki kita belum tentu bisa mendapatkan uang Rp.100. Kita rubah saja.. dengan berjalan kaki dan memberikan ilmu yang kita punya utk menolong oranglain yang membutuhkan.. mungkin2 kita malah mendapat lebih dari Rp.100 walaupun bukan dalam bentuk materi.. tapi Pahala itu lebih mahal dari Emas batangan.. karena hidup ini pasti akan diakhiri dengan kata KEMATIAN.

Jadi bila hidup kita ini sepi.. susah, dikelilingi oleh lingkaran kemiskinan dan seakan-akan kita tersiksa sendiri.. jangan terlalu di dramatisir.. dan mengeluh.. karena masih banyak jalan ke ROMA. Buatlah sesuatu yang berharga, yang bisa dinikmati orang lain dengan segala kekurangan itu. Dan jangan selalu mengharapkan.. uang sebagai tolak ukur akan pekerjaan yang anda lakukan.

Dan jika anda orang yang memiliki kelebihan, cobalah bertukar pendapat dengan teman2 anda yang juga memiliki kelebihan2 lain.. dan mungkin2 anda berdua bisa menciptakan sesuatu yang baru. Dan jika anda orang yang memiliki harta melimpah.. mungkin anda bisa memberikan barang2 anda yang tidak anda gunakan sama sekali kepada orang lain.. dengan cuma-cuma [gratis]. Dan mungkin karena perbuatan anda ini, anda mendapatkan pahala loh.. dari ucapan terimakasih..

Dan saya juga.. memberikan tulisan saya yang sangat jauh dari kesempurnaan dan kemewahan ini dengan cuma-cuma, walau hanya beberapa orang saja yang membacanya.. tapi setidaknya saya bisa membantu anda dengan tulisan saya yang sederhana dan penuh kekurangan ini. Karena dengan membaca kita bisa bekerja, dan otak kita bekerja. Dan dengan menulis.. kita bisa membantu dan dibantu.. karena hidup ini Indah jangan di bikin Susah.